Jumat, 12 Desember 2008

Medan hujan rintik-rintik

Waspada! cuaca ekstrim di perairan Nias
MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE

MEDAN - Sejak Shubuh hujan rintik-rintik membasahi kota Medan sampai dengan pukul 11.00 WIB. Cuaca di siang hari cerah namun menjelang sore hari hingga malam ini kota Medan diselimuti awan mendung dengan suhu 23-31 °C dan kelembaban sekitar 65-97 %.

Menurut Balai Besar Meteorologi dan Geofisika (BBMG) Wilayah I Medan mengingatkan dunia pelayaran agar mewaspadai gelombang setinggi 3 meter yang dalam sepekan kedepan berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Nias, Sumut.

Terkait cuaca buruk yang berpotensi melanda sejumlah daerah di tanah air termasuk Sumut. saat ini hingga sepekan kedepan wilayah perairan pantai barat Sumut terutama di sekitar Kepulauan Nias terdapat gangguan udara bertekanan rendah dari Samudera Hindia yang berdampak pada tingginya permukaan laut.

Kondisi itu juga berpotensi menimbulkan terjadinya pembentukan pusaran air (water spot) yang bersifat lokal karena di daerah itu terjadi pembentukan awan Camulonimbus (CB).

"Untuk saat ini hingga sepekan kedepan memang cuaca ekstrim di laut berpotensi melanda perairan Nias dengan gelombang mencapai tiga meter dengan kecepatan angin sekitar 30 knot atau 60 kilometer per jam," tegas dia.

Sementara kondisi wilayah perairan pantai barat Sumbagut yang meliputi wilayah NAD, Sumut dan Sumbar masih relatif normal dengan ketinggian gelombang berkisar antara dua hingga 2,5 meter dengan kecepatan angin 18-20 knot.

Kondisi laut yang bersahabat hingga sepekan ke depan juga terjadi di wilayah pantai timur Sumbagut dengan ketinggian gelombang laut berkisar antara 0,5-1 meter dengan kecepatan angin secara umum mencapai 20 knot atau 40 kilomter per jam.

Pimpinan PT Azizi Kencana Wisata Tour and Travel, Hj Nusla Lubis berkilah dengan mengatakan apa yang dialami para anggota jemaah haji adalah dampak dari kebijakan pemerintah Arab Saudi.

"Kami telah melayani perjalanan haji ONH plus sejak tahun 2002 dan apa yang mereka alami mulai dari bus, penginapan dan sebagainya itu adalah pelayanan yang diberikan pemerintah Arab Saudi," jelas dia.

0 comments: