Sabtu, 29 November 2008

BMG Ingatkan Bahaya Banjir dan Gelombang Tinggi

MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE
MEDAN - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) meminta kepada masyarakat khususnya nelayan dan yang bermukim di daerah rawan agar meningkatkan kewaspadaannya akan bahaya banjir dan gelombang tinggi karena beberapa hari mendatang curah hujan masih cukup tinggi.

Berdasarkan data yang dikutip dari Website BMG, perkiraan gelombang tinggi itu akan terjadi di perairan utara dan timur Aceh, perairan barat Sumatera Utara hingga Sumatera Barat, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, perairan Sangihe Talaud, dengan ketinggian berkisar 2 hingga 3 meter yang berbahaya bagi perahu nelayan dan tongkang.

Cuaca yang kurang bersahabat itu sehubungan masih aktifnya tekanan udara rendah di lautan Hindia sehingga angin timur dari laut China selatan masih membawa uap air sehingga hujan lama berpotensi terjadi.

Hujan dengan intensitas sedang dan lebat terjadi merata tidak hanya di ujung pulau Sumatera sehingga warga yang bermukim di daerah rawan diminta harus meningkatkan kewaspadaannya karena berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor.

0 comments: