Senin, 08 Desember 2008

Premium Langka di Medan

*Pengiriman Stok Terganggu Cuaca



WASPADA ONLINE

MEDAN - Persediaan premium di sejumlah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) di Medan, selama dua hari ini langka. Pantauan Waspada hingga Senin (8/12), beberapa SPBU di Medan kehabisan stok Premium.

Seperti di SPBU 14.202.0118 Jalan HM Yamin Medan. Persediaan premium di tempat pengisian bahan bakar tersebut telah dua hari habis sehingga tidak melayani konsumen.
T. Sembiring, salah seorang karyawan di SPBU itu mengatakan, mereka telah dua hari -Minggu dan Senin- kehabisan stok karena pasokan premium dari Pertamina sebanyak 18 ton sesuai permintaan (DO) belum masuk.

Hal yang sama terjadi di SPBU 14.203.136 di Jl. Letda Sujono. Persediaan premium habis sejak Minggu. Pasokan dari Pertamina belum masuk hingga Senin sore.

Sementara, SPBU di persimpangan kawasan Jl. Aksara yang setiap harinya sangat ramai, pada Minggu dan Senin sepi karena Premium habis.

Salah seorang karyawan di SPBU itu ketika dimintai keterangan menolak menjawab.
Sedangkan Minggu beberapa SPBU di kawasan Jl. Binjai Medan juga mengalami hal sama, di antaranya SPBU di Jalan Medan Binjai Km16 tidak melayani konsumen, karena persediaan premium habis. Begitu pula SPBU di Jl. SM Raja (depan Hotel Semarak) juga tutup.

Staf Humas PT Pertamina Region I Sumut Rustam Aji ketika dihubungi Waspada membenarkan hal itu.

Menurut Rustam, saat ini terjadi kekurangan pasokan premium di sejumlah SPBU di Medan, akibat terganggunya pengiriman stok bahan bakar dari kapal tanker ke depo Pertamina di Labuhan.

Hal ini terjadi akibat faktor cuaca yang kurang baik. ‘’Namun, gangguan tersebut telah dapat diatasi dalam waktu yang tidak terlalu lama, ‘’ ucapnya. Selain itu, habisnya premium karena melonjaknya permintaan konsumen sebanyak 5 persen hingga 10 persen menjelang hari libur dimulai Sabtu.

Alasan lain dikemukakan Rustam, banyak pengusaha SPBU terlambat menebus DO menjelang hari libur.

0 comments: