Selasa, 31 Maret 2009

Dibalik Kampanye, Pemulung Mengais Untung

HARIAN SORE 'HARI INI

MEDAN 09.25 WIB
Masa Kampanye tinggal delapan hari lagi, namun para pemulung terus mengais untung, beberapa dari mereka kebanjiran rezeki dengan sampah yang dihasilkan dari kampanye yang sudah lama berlangsung ini.

Pantuan HARI INI dilapangan Lapangan Pertiwi Jalan Budi Pembangunan, Lapangan Helvetia, Lapangan Bola Kaki Air Bersih. Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Legeslatif yang sedang berlangsung saat ini, ternyata membawa keberuntungan bagi para pemulung. Seperti kampanye yang diselenggarakan di lapangan Gajah Mada, Jalan Krakatau Medan. Para pemulung banyak memperoleh keuntungan dari sampah-sampah yang bisa didaur ulang dan sampah lainnya.

Ketika para Caleg (Calon Legislatif) sedang sibuk melakukan orasi dengan menyampaikan janji-janjinya dengan semangat yang berkobar-kobar, para pemulung yang datang untuk malah mengais rejeki. Mereka dengan tekun mengumpulkan botol-botol atau gelas kemasan isi ulang yang bekas digunakan oleh massa yang memadati lapangan Gajah Mada tersebut.

Salah seorang pemulung di jalan Gajah Mada yang sedang asyik mencari nafkah Anto,35 yang sehari-hari dapat mengumpulkan 4 sampai 5 Kg botol bekas per hari. selama ada kampanye dilaksanakan oleh partai-partai yang ikut dalam Pemilu Legeslatif,” ungkapnya kepada HARI INI tadi pagi.

Diselenggarakannya kampanye model rapat umum/terbuka seperti ini sepertinya memang meberikan berkah kepada para pemulung. Meskipun dengan berpanas-panasan mereka mengutip botol dan gelas kemasan isi ulang , akan tetapi begitu mereka pulang kerumah, mereka bisa membawa uang yang lumayan dari hasil penjualan barang-barang bekas tersebut.

“Ya,lumayanlah bisa cukup untuk makan kami dirumah. Pendapatan kami dari adanya kampanye ini sedikit bisa bertambah, hal ini sudah pasti kami syukuri,” katanya.

Menurutnya, dimanapun lokasi kampanye rapat umum di Kota Medan ini digelar, dirinya tetap mendatanginya dengan berjalan kaki untuk mengutip bararang-barang bekas tersebut. Panas yang menyengat kulitnya pun tidak lagi menjadi penghalang baginya untuk memburu barang-barang bekas tersebut,”setidaknya, selain dapat botol dan gelas kemasan isi ulang yang bisa dijual, kita juga mendapat kaos dari partai-partai yang kampanye. Lumayan untuk ganti dirumah,” tambahnya.(darwinsyah)

0 comments: