Jumat, 03 April 2009

Jelang Pemilu, Medan Tidak Aman

HARIAN SORE 'HARI INI'

MEDAN 10.39 WIB Pemilu sudah dipengujung ujung waktu, namun kriminalitas di Kota Medan masih belum aman dan kondusif. Baik dari peredaran Narkoba, penculikan, pencurian, lalu lintas dan perampokan seperti perampokan nasabah Panin Bank Jumat siang. Perampokan uang nasabah bank yang terjadi, pagi sekira pukul 09.45 WIB, tepatnya di Jalan Pulau Pinang persisnya di depan Bank Panin.


Uang milik Jonathan yang ditaruh di dalam mobil Innova BK 1663 GZ. yang hingga kini sang pelaku masih dalam pengejaran, uang nasabah Panin Bank yang dirampok diperkirakan Rp300 juta.

Menurut Pakar Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Prof.Dr.Syafruddin Kalo, SH di Medan tindak kriminalitas yang akhir-akhir ini menunjukan intensitas yang cukup tinggi. Kasus kejahatan tersebut harus dituntaskan polisi agar tidak meresahkan masyarakat luas, katanya.

Dalam hal ini, pihak kepolisian harus pro aktif dalam menuntaskan kasus-kasus tersebut dan segala permasalahan yang meresahkan masyarakat tersebut. Kasus kejahatan yang banyak terjadi di Sumut itu antara lain perampokan, pembunuhan, peredaran narkoba, pencurian sepeda motor, peredaran uang palsu dan lain sebagainya. “Harus benar-benar kondusif, aman dan tertib menjelang Pemilu 9 April mendatang,” tambahnya

Menanggapi hal itu Ketua DPRD Kota Medan, Syadansyah Putra kepada HARI INI mengaharapkan pihak kepolisian secara maksimal untuk meningkatkan keamanan dan lingkungan yang kondusif. Kepolisian harus konsisten statement mereka agar tingkat kerawanan dibeberapa wilayah diatasi dengan baik. Dia juga mengimabu, pihak polisi harus bekerja sama denga instansi terkait seperti Satpol PP (Satuan Pamong Praja), Linmas (Lintas Masyarakat), kelurahan, kepling (Kepala Lingkungan), lembaga masyarakat dan masyarakat sendiri untuk menyesuksekan pemilu 2009 ini.

Pihak kepolisian bersama pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung dalam menciptakan suasana kondusif dan meningkatkan keamanan. Dia menambahkan agar diberdayakan lagi Siskamling (sistem keamanan lingkungan) disetiap lingkungan karena, apabila setiap lingkungan saling menjaga, keamanan akan tercipta.”Aktifkan kembali Siskamling,” katanya.[darwinsyah]

0 comments: