Jumat, 21 November 2008

Tim labfor Medan tinjau kebakaran Mangkubumi

MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE



MEDAN - Kebakaran di Jln Mangkubumi di pinggiran Sungai Deli Lingkungan IX Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimoon ludes terbakar, kemarin sekitar pukul 14.30 WIB. Akibat kebakaran tersebut, sekitar 600 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal sehingga harus ditampung di tenda penampungan.

Dari pantauan Waspada Online di lokasi kejadian, tadi siang Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Medan mengambil sampel atau contoh dari sisa kebakaran, untuk diteliti guna mengetahui penyebab kebakaran yang menghabiskan ratusan pintu rumah.

Kepala Labfor Cabang Medan, Kombes Pol CH. Syafrian. S Balistik Metalurgi Forensik Polri di Medan, mengambil sampel ambil sisa pembakarannya sudah dingin. Labfor belum dapat mengambil sampel tersebut beberapa saat setelah kebakaran, karena masih dalam kondisi panas.

Dia mengatakan bahwa pihaknya juga belum dapat memastikan penyebab kebakaran tersebut, apakah murni peristiwa murni atau adanya faktor sabotase. Jika sampel itu sudah diteliti di laboratorium baru Labfor Cabang Medan dapat mengetahui penyebab kebakaran, katanya.

Kepala Divisi Kebakaran Labfor Cabang Medan, AKP Jhon Hutabarat mengatakan, benda-benda yang diambil di lapangan untuk dijadikan sampel itu antara lain kabel listrik, setrika dan rice cooker (alat pemasak nasi).

“Benda-benda tersebut akan diteliti di laboratorium untuk mendalami efek kebakarannya guna mengetahui penyebabnya, apabila dapat diketahui sebab dan akibat dari kebakaran akan segera saya beritahu kepada kawan-kawan wartawan” katanya.

0 comments: