Kamis, 25 Desember 2008

Pemudik masih terus padati Bandara Polonia

MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE

MEDAN - Pemudik menjelang Natal & Tahun Baru 2009 dari berbagai Kota di Indonesia mulai berdatangan di Bandara Polonia diangkut berbagai pesawat dari Jakarta, Pekan Baru, Batam dan Padang. Hingga malam ini tingkat isian pesawat dari Jakarta sudah padat terus sehingga para penumpang dari Jakarta menuju Medan harus membeli tiket antara Rp1,3 juta hingga Rp1,5 juta.

Kedatangan para penumpang mudik itu sebenarnya sudah mulai terlihat sejak tiga hari lalu yang tiba di terminal kedatangan dalam negeri Bandara Polonia diangkut pesawat dari Bandara Sukarno-Hatta seperti Garuda Indonesia, BataviaAir, LionAir, SriwijayaAir, AirAsia dan KartikaAirlines. Dari data manifest penumpang terlihat ada pesawat yang berisi 100 penumpang hingga 170 penumpang.

Umumnya para pemudik itu mudah dikenali seperti datang secara rombongan keluarga, suami isteri beserta anak-anak dan para penumpang itu membawa bagasi yang lebih banyak dan kotak-kotak yang diduga tempat oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halamannya.

Gultom, Ali dan Elisa mengatakan, harga tiket pesawat yang mereka beli untuk bisa datang ke Medan Rp1,3 juta. Bahkan teman-temannya perantau yang membeli tiket go show karena mendadak dari Jakarta ada membayar dengan tarif Rp1,5 juta.

Poltak Silalahi dari PT Erick Travel mengatakan, untuk booking-an seat rute Jakarta-Medan, untuk booking-an seat seluruh penerbangan sudah menjual tiket kelas Yengki hingga Rp1,7 juta terutama menjelang hari "H" Natal.

Dia menambahkan, "Sedangkan untuk keberangkatan dari Medan menurut mereka masih normal. Karena menurut Poltak, penumpang yang membludak saat ini adalah yang dari Jakarta dan kota lainnya datang menuju Medan. pemudik umumnya para perantau dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Sulawesi, Batam dan Pekan Baru dan lain-lain datang ke Sumut. Kalau dari Medan mudik ke daerah lain sedikit," kata Silalahi.

Pantuan Waspada Online dari manifest penumpang di terminal kedatangan domestik terlihat LionAir yang melayani 8 kali penerbangan dalam sehari dengan pesawat berbadan besar jumlah penumpangnya sejak Sabtu (20/12) hingga Senin (22/12) antara 210 hingga 240 orang dalam satu pesawat.
Pesawat Batavia, Mandala dan Sriwijaya pun jumlah penumpangnya antara 120 hingga 160 penumpang setiap pesawat atau hampir mendekati 100 persen dari kapasitas bervariasi antara 130 hingga 160 kursi per pesawat.

Kepala Divisi Operasi Darat PT AP II Youhanes Gafar SE, saat dihubungi wartawan mengatakan, pihaknya mengoperasikan Posko Pantauan Angkutan Natal & Tahun Baru 2008 terhitung mulai 22 Desember 2008 atau H+3 hingga 5 Januari 2009 atau H+4. Disinggung soal tidak adanya hiasan-hiasan suasana Natal, Youhannes mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan hal itu.

0 comments: