Kamis, 20 November 2008

Kebakaran Mangkubumi: Ada Unsur Sengaja

Kebakaran yang ke-3

MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE
MEDAN - Warga lingkungan IX Kelurahan Kampung Aur yang terletak di Jln Mangkubumi Medan, yang menjadi korban kebakaran, Kamis (20/11) menduga musibah kebakaran tersebut disengaja oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap pembebasan lahan di lingkungan tersebut.

"Sepertinya anda sudah tahu tengang masalah sengketa tanah di sini, yang hingga saat ini belum ada kepastian dari keduabelah pihak" Tegas Rawi (35) seorang warga kampung aur korban kebakaran tersebut ketus pada Waspada Online.

Menurutnya kecurigaan tersebut didasari adanya pemutusan arus listrik sejak pagi. Ditambah lagi, Musibah kebakaran yang menimpa kampungnya itu berlangsung untuk kedua kalinya pada tahun 2005 lalu.

"Sekitar bulan Agustus tahun lalu, kampung kami juga hampir terbakar, namun cepat diketahui dan tak sempat menjalar," ungkapnya.

Terkait masalah ini, menurut Kepling lingkungan IX, Bambang Supetno membenarkan kejadian tersebut, kejadian sama pernah terjadi pada tahun 1979 dan 2005 dan namun hingga kini tidak dapat diketahui, padahal kejadian tersebut sudah ditangani oleh pihak kepolisian.

Menurut Camat Medan Maimun, Arfan Harahap, penyebab kebakaran belum dapat diketahui, hal ini adalah sebuah musibah, namum sekarang yang terpenting bagaimana menangani korban dulu biar pihak polisi yang menyelidiki masalah ini.

Pernyataan warga yang menjadi korban tersebut kemungkinn ada benarnya, pasalnya tepat disamping lokasi kebakaran adalah lahan kosong yang sedang bersengketa di bawah advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan.

"Kami sebenarnya tak masalah harus keluar dari tanah ini, akan tetapi ganti ruginya, damai-damailah, jangan ngotot maunya pengembang kota aja," ucap Wasigi (57) salah seorang warga yang rumahnya hangus terbakar.

Sementara itu Kapoltabes Medan, Kombes Aton Suhartono yang dimintai komentarnya oleh wartawan di lokasi musibah, terkait kecurigaan warga tersebut menolak untuk berkomentar soal kecurigaan. "Kita tidak boleh menduga-duga, kami masih mencari data dan fakta sumber api," ucapnya singkat.

Teks/credit foto: Kebakaran yang terjadi sore tadi di Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun lingkungan IX, tidak hanya menimbulkan kerugian harta benda bagi penduduk setempat.[Waspada Online/fajar]

0 comments: