Kamis, 20 November 2008

Partai dirikan posko di Mangkubumi

MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE

Musibah kebakaran jln Mangkubumi Kelurahan Kampung Aur, Medan, tadi siang dimanfaatkan sejumlah partai politik untuk menggalang simpati masyarakat di lokasi kebakaran. Hingga pukul 23.00 WIB malam, terdapat beberapa posko peduli kebakaran milik sejumlah partai politik peserta Pemilu 2009 .

Berdasarkan pengamatan Waspada Online di lapangan, setidaknya ada lima partai yang telah membuka posko. Lima partai politik tersebut adalah PKS, Demokrat, Hanura, PDIP dan PPP.

Posko-posko tersebut dihiasi spanduk dan bendera partai. Di tenda-tenda posko turut diramaikan kader-kader partai yang siap melayani korban kebakaran, seperti penyediakan makanan, kesehatan dan tempat mengungsi sementara.

“Kami langsung terjun kelokasi saat kebakaran berlangsung. Kami mengharapkan ini bisa membantu penderitaan mereka para korban bencana,” ujar seorang kader partai kepada Waspada Online.

Saat disinggung adanya unsur kampanye terselubung dalam pembentukan posko, mereka mengatakan pembangunan posko ini murni sebagai wujud kepedulian bagi korban kebakaran.

Sementara itu seorang korban musibah kebakaran, Leli (45) mengharapkan kehadiran posko-posko partai tersebut mampu meringankan beban derita mereka. “Kalau cuma untuk cari perhatian karena pemilu sudah dekat, lebih baik mereka pergi saja, kalau memang berniat bantu jangan ada embel-embel lain lah” ujarnya.

Dia sendiri merupakan salah satu korban kebakaran hebat di jln. Mangkubumi. Janda lima anak ini mengaku tidak mampu menyelamatkan barang berharganya karena api sangat cepat merambat. Di tempat tersebut dia menyewa sebuah rumah kecil dengan biaya 110 ribu per bulan. Tambahnya.

Penampungan
Sebagian besar korban kebakaran telah mengambil tempat penampungan di tiga gedung SDN 060902, 060897 dan 067094 yang berdekatan dengan lokasi kebakaran. Sementara yang lainnya, terpaksa menumpang di rumah warga yang selamat dari amukan api.

Dari data yang dikumpulkan Waspada Online dilapangan hingga malam ini. Dalam peristiwa tadi siang itu, 50 warga luka-luka dan kerugian ditaksir miliaran rupiah.

Sedikitnya 300 rumah warga di kawasan Jln Mangkubumi Medan Lingkungan IX Kel. Aur, Kec. Medan Maimun, yang musnah terbakar.

Kapoltabes Medan AKBP Drs Aton Suhartono berada di lokasi kepada Waspada Online mengatakan, pihaknya sudah menurunkan puluhan personel melakukan pengamanan terdiri dari Samapta, Reskrim Poltabes Medan, Polsekta Medan Kota dan Satlantas sekaligus mengantisipasi pencurian.

Menurut Kapoltabes, beberapa orang saksi telah diperiksa termasuk warga untuk mengungkap motif kebakaran ini. Petugas Labfor Polri Cabang Medan dan tim olah TKP Poltabes telah mengumpulkan bukti-bukti di lapangan dan memasang police line.

“Saya prihatin lihat para korban kebakaran,” kata Aton sambil memberikan pertolongan terhadap seorang warga yang menderita penyakit.

0 comments: