Jumat, 28 November 2008

Mangkubumi update: Korban kebakaran kehujanan

Wapadai diare dan DBD!

Hujan sejak pagi hingga sore tadi yang mengguyur kota medan, suasana penampungan pun menjadi hiruk-pikuk.

Pantuan Wasapada Online di lakasi penampungan korban kebakaran yang berada dipenampungan basah kuyup akibat hujan yang turun. Anak-anak terlihat riang gembira menyambut air hujan tapi tanpa disadari bahwa air hujan yang turun tersebut dapat berdampak kepada kesehatan mereka.

Anto,39, mengatakan “tadi pagi kami kena hujan, sore hari ini pun kena hujan lagi, dia berharap Pemko Medan segera memberi bantuan berupa tenda yang memenuhi standar. Seharus pihak Pemko Medan segera tanggap sejak awal dalam mengantisipasi hal ini, agar apabila hujan tiba tidak seperti sekarang ini,” katanya.

Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) memperkirakan Kota Medan hari ini akan diguyur hujan. BMG menyebutkan suhu di Medan akan berada sekitar 24ºC hingga 32ºC. Sementara itu kelembaban diperkirakan 65 hingga 94 persen. Dan memperkirakan hujan sedang di Medan akan masih terjadi hingga Sabtu besok.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Umar Zein, di Medan, tadi pagi, mengatakan, tingginya curah hujan dalam beberapa pekan ini dapat meningkatkan jumlah pasien penderita diare terutama pada anak-anak usia 13-15 tahun yang tidak mengetahui pola makan yang baik.

Masyarakat diminta mewaspadai berbagai penyakit yang biasanya mewabah pada musim hujan, seperti DBD maupun diare akibat banyaknya genangan air yang menjadi penyebab berkembangnya nyamuk Aedes Aegypty.

0 comments: