Rabu, 11 Maret 2009

>>Jelang Pemilu 2009

Wakil Rakyat Sering Bolos

HARIAN SORE 'HARI INI'

(10.15 WIB) Pemilu tinggal 29 hari lagi, Jadwal kampanye dalam bentuk rapat umum Partai Politik (parpol) peserta Pemilu 2009 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dari tanggal 16 Maret hingga 5 April 2009. Para wakil rakyat mulai sibuk berkampanye untuk bisa tetap duduk menjadi wakil rakyat kembali pada tangga 9 April mendatang.

Namun, sejak beberapa minggu lalu dari pantauan HARI INI dilapangan beberapa anggota dewan dan fraksi-fraksi di DPRD SUMUT dan Medan jarang ada dikantor dan kebanyakan kantor fraksi-fraksi dan komisi-komisi tutup seperti fraksi Demokrat, PPP, Golkar. Padahal anggota dewan tersebut tidak ada istilah cuti dalam aturan pemilu yang ada saat ini. Salah satu staf dari fraksi Partai Damai Sejahtera (PDS), Sastri S.Sos mengatakan bahwa ketua fraksi PDS, Tahi Sinambela sedang melaksanakan Reses Pertanian ke daerah wilayah I dan IV sejak 10-13 Maret. Pantuan HARI INI dalam beberapa hari ini fraksi PDS dan PKS yang selalu ada penghuninya.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2009 tentang Tata Cara bagi Pejabat Negara dalam Melaksanakan Kampanye Pemilu yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 5 Februari lalu. Permendagri ini ditujukan kepada para kepala daerah, baik gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota yang akan melaksanakan kampanye pada kampanye rapat umum (pemilu legislatif) Pileg dan Pilpres mendatang. Tapi, undang-undang tersebut bukan untuk wakil rakyat yang duduk di DPR maupun di DPRD.

Ketua Partai Keadilan Sejahtera, Mustafa Ismail menanggapi hal tersebut, walaupun pemilu legislatif sudah mendekati fase-nya menuntut wakil rakyat tersebut untuk berkampanye namun begitu harus ada kesepakatan antar anggota dewan untuk bergiliran atau mengatur waktu apabila ada kegitan di luar dinas. karena masyarakat apabila ada aspirasi mereka dapat melayaninya dengan baik.
“Meski pemilu sudah dipengujung waktu tapi amanah tetap dijalankan sampai pergantian atau pelantikan baru” katanya.

Menurut salah satu anggota dewan Komisi A dari Partai Bulan Bintang, Irfan Rinaldi SH, memang para wakil rakyat yang mencalonkan diri lagi, menjelang pemilu banyak yang turun berkampanye ke daerah-daerah. Ia mengharapkan teman-teman di wakil rakyat yang berkampanyelah dengan damai karena masyarakat saat ini sudah dapat mengerti siapa calon wakil-wakil rakyat yang terbaik bagi mereka.

“Kampanye jangan sampai meninggalkan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat, jadilah yang tebaik bagi masyarakat,” tukasnya.

Sampai saat ini, ketua DPR D Medan, DR H Syahdansyah Putra, tidak berada ditempat dan kantornya masih terkunci dengan rapat. Sementara, Wakil Ketua DPRD Medan, Surianda Lubis S.Ag meski kantornya selalu terbuka namun ia tidak berada ditempat dari kemarin, ketika ditanyakan kepada stafnya mereka tidak mengetahuinya dengan pasti keberadannya. (darwinsyah)

0 comments: