Rabu, 10 Desember 2008

BMG update: Medan seharian mendung!

Hujan merata landa Sumut
MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE

MEDAN - Sejak tadi pagi cuaca di kota Medan diselimuti awan mendung hingga sore, menurut data Balai Meteorologi dan Geofisika Medan mengalami hujan ringan dengan suhu 24-30 °C dan kelembaban mencapai 69-98%. Hingga kini Medan dan sekitarnya masih mendung.

Menurut Firman, Kepala Seksi Data dan Informasi BMG Stasiun Bandara Polonia-Medan, menyatakan hujan merata kembali melanda Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akibat mulai berakhirnya angin musim timur.

“Cuaca mendung disertai hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini merupakan fenomena memasuki menjelang berakhirnya angin musim timur,” katanya
Dia menjelaskan, akibat kondisi itu maka saat ini di perairan pantai timur Sumatera atau Selat Malaka terjadi gejala cuaca angin yang memutar sehingga terjadi pengumpulan awan yang memanjang ke Sumut.

Awan yang memanjang itu berpotensi menimbulkan hujan sewaktu-waktu sepanjang hari, karena pada saat yang bersamaan gangguan cuaca di Laut China Selatan telah mengirim uap air ke Selat Malaka.

Karena uap air yang cukup basah dari Laut China terus dikirim ke Selat Melaka yang mengarah ke Sumut menyebabkan terjadinya hujan yang terjadi secara regional dengan intensitas ringan hingga lebat.

“Akibatnya hujan dengan intensitas ringan dan lebat atau 20-50 milimeter lebih per hari akan terjadi dengan suhu minimal 24 °C,” ujar dia.

Meski demikian, karena pola arah angin itu dari Laut China Selatan tidak menentu, menyebabkan cuaca regional baik di Pulau Sumatera atau negara tetangga bersifat selang-seling.

“Model atau jenis cuaca seperti ini menimbulkan periode-periode cuaca, seperti lima hari hujan berturut-turut, kemudian kembali netral lagi. Lalu hujan lagi dan netral lagi hingga akhir Desember mendatang,” katanya.

Oleh karena itu potensi banjir pada sejumlah daerah di pantai timur Sumut dan potensi longsor di wilayah pantai barat.

0 comments: