Rabu, 10 Desember 2008

Mangkubumi update: 4 ruko terbakar

MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE

MEDAN - Kebakaran tadi malam di Jln Mangkubumi simpang Jln Kol. Sugiono. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Budi,25, saksi mata, kebakaran diketahui pukul 20.10 WIB, ketika asap mengepul ke udara. “Saya melihat karena tidak jauh saya berjualan dari lokasi itu, asal api saya duga dari toko servis kenderaan (bengkel kendaraan) tersebut,” ujarnya

Empat rumah terdiri dari dua rumah tempat tinggal dan dua rumah toko (ruko) merupakan Rumah Makan Tabona dan Bengkel Honda Indako yang letaknya bersebelahan. Di Jln Kolonel Sugiono, Kelurahan Aur Medan, Api berhasil dipadamkan oleh Petugas DP2K kota Medan dengan duabelas unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian sekitar 10 menit setelah api berkobar dan berhasil melakukan pemadaman sekitar pukul 22.45 WIB melalui warga setempat yang melapor kepada Waspada agar menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Penyebab kebakaran diduga arus pendek listrik di Rumah Makan Tabona, kemudian merembet membakar Bengkel Honda Indako dan sua rumah warga. Salah seorang karyawan bengkel, Sumbur, kepada Waspada Online mengatakan, api berasal dari salah satu ruangan di lantai dua Rumah Makan Tabona.

Namun dari hasil pantauan di lokasi kejadian, bahan-bahan atap sudah usang digunakan sehingga dengan mudah terbakar pada lantai II dan lantai III.

Puji Latuperissa, Lurah Kampung Aur, yang langsung terjun ke lokasi kebakaran menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dan pihaknya belum bisa memastikan sebab terjadinya kebakaran. Sedangkan kerugian, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Koordinator DP2k, Elias Sebayang mengatakan, warga setempat tidak mendukung upaya pihaknya melakukan pemadaman. Bahkan, menurutnya, ada warga yang berusaha memukul petugas ketika hendak memadamkan api.

Dia menambahkan, pemilik toko yang terbakar juga terlalu lama membuka pintu tokonya sehingga sempat menyulitkan petugas untuk memadamkan api. “Setelah dipaksa baru pintu toko dibuka,” ujarnya.

Sementara pihak keamanan dari Potabes Medan tadi malam bersama masyarakat setempat, mengamankan lokasi kebakaran dan mencari warga yang diduga terperangkap api serta mencari sebab akibat dari kebakaran tersebut.

0 comments: