Senin, 01 Desember 2008

SPBU di Medan diserbu dan kehabisan stok premium

MHD DARWINSYAH PURBA
WASPADA ONLINE

Pemerintah resmi menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium atau bensin sebesar Rp 500 per liter, menjadi Rp5.500 per liter, mulai Senin (1/12) ini. Pemerintah menaikkan harga BBM 25 Mei silam karena harga minyak mentah di pasaran dunia tak terkendali, mencapai 145 dollar AS per barrel. Ketika harga minyak anjlok ke level 49 dollar AS per barrel pekan ini, pemerintah menurunkan harga bensin dari Rp6.000/liter yang bertahan selama enam bulan.

"Terhitung berlaku mulai pukul 00.00 WIB tanggal 1 Desember 2008, harga eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu jenis Premium turun menjadi Rp5.500 per liter," kata Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Departemen Energi dan Sumbar Daya Mineral Departemen ESDM Sutisna Prawira dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (30/11).

Ketetapan penurunan harga ini didasarkan pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 38 tahun 2008 tentang Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak Jenis Minyak Tanah (Kerosene), Bensin Premium, dan Minyak Solar (Gas Oil) Untuk Keperluan Rumah Tangga, Usaha Kecil, Usaha Perikanan, Transportasi dan Pelayanan Umum, tanggal 28 November 2008.

Ternyata kebijakan tersebut mengakibatkan beberapa SPBU kehabisan premium, karena sejak pagi di Medan diramaikan oleh konsumen pemilik kendaraan. Di beberapa SPBU di Medan terlihat antrean kendaraan untuk mengisi bensin. Para petugas SPBU di sana terlihat sibuk melayani konsumen.

Ramainya konsumen juga diungkapkan petugas SPBU Jamin Ginting Padang Bulan Medan, Daniel Adrian, tadi siang. Menurut Adrian, sejak pagi SPBU Jamin Ginting terlihat lebih ramai dari hari biasa. “Dari tadi banyak yang ngantri, nggak seperti biasanya,” jelasnya.

Hal serupa juga terjadi terlihat di SPBU Jln Sei Serayu. Akibatnya, SPBU tersebut kehabisan premium dari pukul 11.30. “Ini baru habis, tapi sebentar lagi premiumnya datang,” ujar pegawai SPBU Jln Sei Serayu., premiumnya habis dikarenakan SPBU di daerah Setia Budi juga kehabisan premium. “Banyak yang lari ke sini.”

Pantauan Waspada Online dilpanagan hingga pukul 17.00 WIB, beberapa SPBU di Kota Medan kehabisan premium, seperti SPBU Jamin Ginting Padang Bulan dan SPBU di Jln Brigjen Katamso, jln Yos Sudarso, Jln Kapten Muslim dan Jln SM Raja.

Menanggapi turunnya premium, Budi,35, pegawai swasta mengatakan, “Nggak ada artinya, kalau turunnya hanya Rp500. Paling hematnya cuma seribu rupiah,“ katanya.

0 comments: