Jumat, 12 Juni 2009

Buruknya Kondisi Medan, Akibat ‘Premanisme Bikokrasi’


MEDAN
today
Keprihatinan melihat kondisi Kota Medan tercermin dari apa yang dikatakan Wakil Ketua DPRD Medan Surianda Lubis saat berbincang dengan Medantoday Jumat (12/6) di ruang kerjanya.

Ia menuturkan, kondisi Kota Medan yang tidak menentu, di antaranya pelayanan publik dan infrastruktur. Surianda yang dikenal politikus santun ini mengatakan jika permasalahan yang ada di Kota Medan sekarang ini dikarenakan adanya ‘premanisme birokrasi’. “Salah satu yang mengkaibatkan kondisi Medan buruk dikarenakan adanya premanisme birokrasi,” ungkapnya.

Namun begitu, Surianda juga mengatakan, ke depan Pemko Medan membutuhkan tokoh yang mempunyai gagasan dan mampu mengeksekusi gagasannya tersebut, ujarnya. Tak hanya itu, ia juga mengatakan, pemimpin Kota Medan ke depan haruslah orang yang mampu menolak intervensi, dan tidak terlalu khawatir dengan intervensi kelompok lain, serta punya kemampuan mensinergisasi team work-nya.

Namun ketika disinggung soal kepemimpinan Afifuddin Lubis sebagai Pj Walikota Medan, ia megatakan, jika poisisi sebagai penjabat berbeda dengan menduduki Walikota yang melalui proses pilkada yang dipilih langsung masyarakat. “Kalau Penjabat, selalu ada kemungkinan perasaan membalas dari kebaikan diri orang yang memilihnya dan mengeluarkan SKnya,” pungkas Surianda.

Ia juga mengatakan, hal itulah yang menyulitkan kewenangan yang ia miliki. “Kepala daerah jangan merasa terhutang atas pihak yang mengangkatnya, agar bisa independent,” pungkasnya lagi.

0 comments: