Kamis, 19 Maret 2009

Hari Ini Surat Suara Pemilu Dibuka

*Pekerja Dibayar Rp50 dan Ratusan Lagi Terlantar

HARIAN SORE 'HARI INI'

(08.35 WIB) Kamis, 19 Maret 2009 sekira pukul 09.55 WIB tagi pagi, dilakukan pembukaan kotak yang berisi surat suara pemilu legislatif DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Medan. Disaksikan Kapoltabes, Kepala Polisi KPPP Belawan, KPU Medan, Panwas Kota Medan, Kapolsek Medan Labuhan. Di Gudang Bulog Obros 6 Sumatera Utara Jalan. Rumah Potong Hewan Mabar No. 134 Medan Deli.

Divisi Hukum dan Humas KPU Medan, Pandapotan Tamba SH, M.Hum Kepada HARI INI mengatakan sortir surat suara akan berlangsung selama 15 hari mulai dari tanggal 19 Maret-1 April 2009. KPU Medan berharap pelipatan dan sortir akan selesai sesuai jadwal sehingga KPU dapat mendistribusikan kepada PPS di atas tanggal 2 April 2009, PPS nantinya akan mendistribusikan seluruh perlengkapan TPS ke KPPS paling lama tanggal 8 April 2009.

Dalam pembukaan kotak ini dilakukan berita acara terhadap surat suara yang rusak sehingga dapat disampaikan kepada KPU pusat guna mendapatkan surat suara pengganti yang akan dikirimkan kepada KPU Medan dalam waktu dekat sehingga tidak menggangu jadwal.

Adapun jumlah surat suara yang telah masuk ke KPU Medan hampir rampung hanya menunggu sisa surat suara untuk DPRD Kota Medan, kita berharap KPU Pusat dapat mengiriman logistik KPU Medan sesuai peraturan No. 3 Tahun 2009 yakni 21 hari telah sampai di KPU Medan agar dapat dikerjakan.

Menanggapi hal itu, Ketua KPUD Medan, Dra Evi Novida Ginting, MSP, pihak KPUD Medan akan segera melaporkan jumlah surat suara yang diterima dan rusak dalam waktu satu minggu. Saat ada 1804 kotak surat suara, satu kotak berjumlah 500 surat suara. Untuk DPR, DPD tidak ada masalah, tapi untuk DPRD Provinsi kekurangan sekitar 300 kotak suara. Untuk 5 Dapil Kabupaten Kota sudah diterima. Dan menargetkan tanggal 31 Maret untuk sortir dan pelipatan surat suara tersebut bisa selesai karena 1 April sudah dapat didistribusikan ke DPR.

Dari pantauan dilapangan, dari malam hari hingga pagi pengamanan cukup ketat oleh personil kepolisian Kapoltabes, Kepala Polisi KPPP Belawan dan Kapolsek Medan Labuhan. Namun, para pekerja hingga pagi tadi masih banyak yang terlantar dilokasi karena tidak memenuhi syarat administrasi dan gaji pekerja dibayar sebesar Rp50 per lembar.

Simanjuntak,(35) dan Imelda Br. Purba,(36) warga setempat mengatakan, sebelumnya kami dijanjikan dengan gaji Rp30.000 per hari. Tapi, kenyataan yang terjadi Rp50 per lembarnya. Sementara, para pekerja di gudang Mertubung seharinya mendapatkan gaji Rp40.000 dan di gudang Jalan Jumadi Pulo Brayan mereka digaji sebesar Rp35.000 per hari. kesalnya.

Sementara, ratusan pekerja lagi terlantar di luar gudang, mengaku sangat kecewa tidak dapat bekerja hari ini. Karena mereka sudah dari tadi pagi mengantre tapi nama mereka tidak dipanggil oleh pihak pemenang tender dalam hal ini CV UD. Brahma.

Ditempat yang sama, pihak Penanggung Jawab CV UD Brahma, Bram mengelak ketika dikonfirmasi HARI INI ia menjelaskan, bagi pekerja yang tidak melengkapi administrasi tidak dapat bekerja di sini. Karena, hal itu, untuk kepentingan keamanan dan ketertiban. Agar target per hari untuk melipat 1000-1500 lembar dalam waktu 15 hari ada 40 regu, setiap satu regu berjumlah 30 orang untuk mengejar target yang ditentukan.

Masalah keamanan menurut Kapolres KPPP Belawan, AKBP Robert Haryanto dilokasi menjelaskan, sistem pengaman kotak suara dilakukan secara terpadu kita dengan pihak Kapolsek dan beberapa unsur yang lain yaitu di luar gudang agar proses pelipatannya dapat berjalan dengan aman dan lancar. Menurunkan sekitar satu kompi kepolisian (45 orang). Setiap kita akan melakukan seterilisasi bagi para pekerja yang keluar masuk sehari-hari.(darwinsyah)


Teks foto1: Panwaslu Medan sedang memberikan arahan kepada pekerja pelipat surat suara untuk melipat surat suara dengan baik di Gudang Bulog Obros 6 Sumatera Utara Jalan. Rumah Potong Hewan Mabar No. 134 Medan Deli. Kamis, (18/03) tadi pagi.

Teks foto2: Ratusan pekerja pelipat surat suara terlantar dan kecewa tidak dapat bekerja pada hari ini karena tidak memenuhi syarat administrasi di Gudang Bulog Obros 6 Sumatera Utara Jalan. Rumah Potong Hewan Mabar No. 134 Medan Deli. Kamis, (18/03) tadi pagi.
[darwinsyah]

0 comments: