Senin, 11 Mei 2009

FMBAKP Demo Balaikota Medan

Minta Usut Korupsi Anggaran Master Plane 2,59 M


MEDANtoday Mahasiswa Bersama Anti Korupsi (FMBANKP) Sumatera Utara, demo Balai Kota Medan, , Senin (11/5) minta beberapa dugaan korupsi dan pelanggaran Perda yang terjadi di jajaran Pemko Medan untuk ditindak.

Mereka juga mengungkapkan ketidak tegasan PJ Walikota Medan Drs H Afifuddin Lubis MSi dalam menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di wailyahnya dan membuat kebijakan yang seharusnya tidak dilakukan.

Koordinator aksi Asril, dalam orasinya mengatakan, salahsatu dugaan korupsi yang terjadi antara lain seperti dugaan korupsi anggaran proyek pembuatan Master Plane senilai Rp2,59 miliar.

Proyek induk rencana pembangunan tata kota 2006-2016 itu, diduga hanya dikerjakan dengan cara copy paste dari gambar induk rencana kota lain dan hanya berisikan komplikasi dan sukunder.

Juga, hasil kajian ekonomi dan social yang merupakan benang merah , tidak tercantum. Sehingga dari hasil kerja yang dikoordinir oknum mantan Kepala Bappeda Kota Medan ini, harusnya masih menyisakan dana dari Rp2,59 miliar tersebut.

Selanjutnya dikatakan, indikasi pelanggaran Perda yang terjadi di Kota Medan seperti dalam kasus-kasus proyek bangunan yang masih banyak ditemukan tidak memiliki IMB dan pelanggaran peruntukan serta roilend.

Seperti kasus pembangunan Hotel JW Mariot, sampai kini kelebihan ketinggian sampai saat ini tidak ditindak dan ini merugikan PAD Kota Medan.

Lalu PJ Walikota telah mengangkat Maju Siregar yang merupakan pejabat yang banyak masalah untuk jabatan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan.

Dalam demo itu, diungkapkan mereka juga, masih terjadi penghadangan penyaluran apirasi yang dijamin UU HAM no. 39 tahun 1999 pasal 14 ayat 2, juga UU 28 tahun 1999 tentang pemberantasan KKN untuk penyelenggaran Negara yang bersih dari KKN dengan peran serta masyarakat.

Ini dialami oleh sekelompok aktivis dari ALMASU yang diusir dari kantor TRTB beberapa waktu lalu saat melakukan unjukrasa.

Dari uraioan di atas, diminta Afifuddin Lubis menunjukkan ketegasannya terhadap beberapa persoalan yang telah diungkapkan tadi dan jika tidak bisa tegas lebih mundur saja dari jabatan Pj Walikota Medan.

0 comments: