Kamis, 09 April 2009

Pemilu, Lalu Lintas di Medan Lenggang

Suasana arus lalu lintas pada hari pelaksanaan pemilu 2009, Kamis, di beberapa ruas jalan Kota Medan terlihat lenggang. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Medan telah mengikuti pemilihan umum di sejumlah TPS di kota Medan.

Dari pantauan HARI INI, kondisi lalu lintas di sejumlah jalan di kota Medan seperti di Jalan Gatot Subroto, Setia Budi, Jamin Ginting, dan Puteri Hijau yang biasanya terlihat padat dan macet, terlihat lenggang. Pemandangan serupa juga terlihat pada perdagangan di Medan yang juga kelihatan lebih sepi dari hari biasanya.

Sementara itu, pusat perbelanjaan di kawasan Sun Plaza, Thamrin Plaza, dan Medan Fair terlihat tampak ramai. Ini karenakan habis melakukan pencontrengan, sejumlah warga berlibur dengan menghabiskan waktu di kawasan mall tersebut.

Penumpang KA Naik 25 Persen

Arus penumpang baik yang keluar dan masuk di stasiun Kereta Api Medan, Rabu menunjukkan peningkatan sebesar antara 20 sampai 25 persen.

Menurut Humas Stasiun Kereta Api Medan, Hendro Budi Santoso saat dihubungi, HARI INI Kamis, peningkatan arus penumpang yang masuk dan keluar dari Medan berkaitan dengan libur panjang selama empat hari serta Pemilu 2009. Peningkatan arus penumpang kereta api diperkirakan akan berlangsung sampai 15 April mendatang.

Dari pantauan, tampak penumpang tujuan Medan - Tanjung Balai - Rantau Prapat dan masuk dari Rantau Prapat - Tanjung Balai - Medan mulai memadati Stasiun Besar Kereta Api Medan.

Meski terjadi peningkatan arus penumpang, namun menurut Hendro, harga tiket tetap seperti biasanya. saat ini tiket kereta api kelas bisnis Rp 60.000 dan kelas eksekutif Rp 70.000 untuk semua tujuan yang berlaku pada hari Senin sampai Kamis. Khusus Hari Sabtu dan Minggu ongkos kelas bisnis Rp 65.000 dan eksekutif Rp 75.000.

Guna mengantisipasi membludaknya penumpang, pihak PT KA rencananya akan menambah gerbong.“Rencananya kami juga akan melakukan penambahan gerbong untuk mengantisipasi melonjaknya penumpang”, paparnya.



0 comments: