Jumat, 06 Maret 2009

>>Jelang Pemilu 2009

JMPP Sumut : Tolak Caleg Busuk dan Golput!

Puluhan mahasiswa tergabung dalam Jaringan Mahasiswa Peduli Pemilu (JMPP) Sumatera Utara, Jumat (6/3) tadi pagi, menggelar long march dan aksi di Gedung DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Medan.

Aksi JMPP Sumatera Utara, yang digelar di Gedung DPRD Sumatera Utara, yang kemudian dilanjutkan ke KPU Medan, dikawal puluhan personil polisi. Aksi ini juga sempat memacetkan ruas jalan Imam Bonjol, tepat di depan Gedung DPRD Sumatera Utara.

Dalam orasinya JMPP Sumatera Utara menyerukan masyarakat agar menolak golput dan menolak caleg busuk dan menghimbau masyarakat agar tetap menggunakan hak suaranya, meskipun berada di luar daerah domisilinya.

Anggota JMPP Sumut Haryono, kepada HARI INI mengatakan, jika aksi yang dilakukan, sebagai upaya memberikan pencerahan kepada masyarakat jelang pemilu 9 April mendatang.

"Aksi kali ini, JMPP ingin memberikan pencerahan kepada masyarakat agar tidak golput dan tidak memilih caleg busuk," cetusnya.

Lebih lanjut, Haryono mengatakan, masyarakat sekarang ini hanya menjadi kantong-kantong suara sejumlah caleg busuk dalam meraup suaranya. Untuk
itu JMPP menghimbau masyarakat untuk menolak caleg busuk dan menolak golput.

"Gunakan hak suara anda, pilih caleg yang bersih dan anti-korupsi," teriak Haryono.

Menanggapi hal tersebut, Ketua MUI Medan, Prof DR H Mohd Hatta menjelaskan, seperti hasil pertemuan MUI di Padang Panjang, MUI mencoba memberikan arahan kepada para calon pemilih dengan cerdas untuk memakai hak suaranya pada 9 April mendatang agar tidak golput. Pada prinsipnya, fatwa MUI untuk menyadarkan betapa pentingnya hak suara umat untuk mendukung pembangunan pemerintahan yang baik dan benar agar tidak terjebak oleh hal-hal yang merugikan umat.

”Kalau sehat jasmani dan rohani serta secara administrasinya lengkap, hal inilah yang dapat mengharamkannya dan golput bukan salah satu alternatif bagi masyarakat,” tambahnya.

0 comments: