Sabtu, 08 November 2008

TBSU Sebagai Wadah Seni dan Budaya

Sunday, 30 March 2008

WASPADA ONLINE
Oleh MHD DARWINSYAH PURBA

Letaknya yang strategis di Jln Perintis Kemerdekaan no.33 Medan, Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) yang berdiri tahun 1978 ini, tumbuh di antara hiruk-pikuk kota Medan. Di mana kegiatan utama TBSU adalah Mengadakan pembinaan dan pelatihan kesenian, Mengadakan eksperimen dan pergelaran kesenian, Mengadakan ceramah, workshop, temu karya dengan tema-tema kesenian, Melaksanakan pendokumentasian dan pengumpulan/penyebaran informasi seni. Dan ada beberapa even yang pernah diselenggarakan yaitu sabagai, Tuan Rumah PPSS IV Tahun 2000 dan Peserta Pameran Nusantara II 2002 di Galeri Nasional (Jakarta).

Berbagai kegiatan tersebut TBSU tanpa di sadari banyak melahirkan beberapa pekerja seni yang profesional dan dapat dibanggakan. TBSU merupakan wadah di mana para pekerja seni dapat mengekspresikan segala aktifitas dan kretifitas mereka.

Sebagai institusi pemerintah yang melakukan pembinaan dan pengembangan kesenian daerah, rutinitas kegiatan TBSU akan sangat mendukung masyarakat untuk memperoleh informasi sekaligus mengetahui bentuk-bentuk dan perkembangan seni budaya yang ada di Sumatera Utara. Melalui program berkelanjutan sepanjang triwulan I hingga triwulan IV diselenggarakan Pameran Rutin TBSU antara lain yaitu:

Pameran Rutin, Publikasi dan Promosi Seni
Sebagai institusi pemerintah yang melakukan pembinaan dan pengembangan kesenian daerah, rutinitas kegiatan TBSU akan sangat mendukung masyarakat untuk memperoleh informasi sekaligus mengetahui bentuk-bentuk dan perkembangan seni budaya yang ada di Sumatera Utara. Melalui program berkelanjutan sepanjang triwulan I hingga triwulan IV diselenggarakan Pameran Rutin TBSU.

Keberadaan musik tradisional Sumatera Utara sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa tidak cukup hanya dilestarikan keberadaannya, dengan pesatnya perkembangan zaman, sebagai upaya memasyarakatkan dan mempromosikannya tidak bisa diabaikan. Karena musik tradisional Sumatera Utara memiliki nilai jual untuk mendukung program pengembangan pariwisata. Salah satu upaya yang dilakukan TBSU, dalam hal ini adalah Program Publikasi dan Promosi seni, di arena Pekan Raya Sumatera Utara.

Seni Musik
Untuk lebih menumbuh kembangkan dunia musik, sangat dibutuhkan adanya kegiatan yang merangsang daya kreatifitas para senimannya sekaligus meningkatkan kemampuan apresiasi masyarakat selaku penikmat. Sehubungan dengan itu TBSU menyelenggarakan Pagelaran Seni Musik, dengan komposisi musik yang cukup menawan bagi pendengarnya.

Sebagai bidang seni yang diminati oleh banyak kalangan, keberadaan seni musik kini telah masuk dalam lingkup industri yang memberikan penghasilan tidak saja bagi senimannya, tapi untuk bangsa dan negara. Dengan demikian upaya meningkatkan kualitas karya seiring pertumbuhan dan perkembangannya, untuk tujuan tersebut TBSU menyelenggarakan Pelatihan dan Pengembangan Seni Musik yang bertujuan menyiapkan seniman musik yang berkemampuan untuk melahirkan karya-karya berkualitas dan memiliki nilai jual.

Seni Rupa
Upaya meningkatkan kwalitas berkarya dan pengembangan kreatifitas seni para perupa merupakan bagian dari tanggung jawab TBSU sebagai Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Menyingkapi hal itu, melalui program bimbingan teknis seni rupa diharapkan para seniman rupa didaerah ini mampu melahirkan karya-karya kreatif dan inovatif.

Potensi seniman dibidang teater merupakan modal awal yang perlu mendapat arahan dan masukan pengetahuan guna mendapatkan karya-karya yang berkualitas. Untuk itu TBSU menyelenggarakan lokakarya seni teater sebagai wadah bagi para seniman teater di daerah ini untuk mendapatkan bimbingan dalam rangka lebih memperluas pengetahuan dan wawasannya.

Seni Sastra
Kemajuan dan perkembangan seni sastra ditandai dengan munculnya minat bersastra dari para pemula baik sebagai kreator maupun peminat. Oleh karenanya diperlukan pengetahuan dan wawasan dalam mendukung pencapaian kualitas karya serta kemampuan apresiasi. Ceramah sastra merupakan program TBSU untuk mewujudkan hal tersebut dengan menghadirkan penceramah dari sastrawan senior diikuti peserta dari para sastrawan pemula, pelajar, mahasiswa dan penikmat karya seni.

Karya sastra berupa puisi, cerita pendek, novel dan sebagainya adalah merupakan suatu suguhan tidak sekedar dalam bentuk tulisan. Salah satunya melalui media pentas untuk lebih memungkinkan penikmat menangkap pesan-pesan yang hendak disampaikan pengarangnya. Dalam kaitan ini TBSU memprogramkan Pergelaran sastra yang bertujuan merangsang minat dan daya apresiasi masyarakat terhadap karya sastra.

Seni Lukis
Untuk lebih dekat mengenal seni rupa/seni lukis kepada masyarakat dan dapat memahami arti yang terkandung di dalam medium cat di atas kanvas sesuai citra perupa. Untuk hal tersebut TBSU memprogramkan Melukis Bersama sehingga para perupa muda lebih kreatif dalam berkarya serta mengenal dunia lukis secara mendalam.

Seni Tari
Sebagai salah satu seni pertunjukan, seni tari akhir-akhir ini sangat diminati oleh banyak kalangan remaja bahkan anak-anak. Memaklumi akan hal ini, dirasakan perlu upaya menyiapkan pelaku-pelaku seni tari yang terampil dan berkualitas.

Untuk itu TBSU akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Seni tari tradisional/daerah. Di antara bentuk seni pertunjukan yang berkembang di masyarakat, seni tari akhir-akhir ini memiliki peluang tampil yang lebih besar dibandingkan dengan bidang seni lainnya.

Kenyataan ini menuntut kemampuan apresiatif para senimannya untuk melahirkan karya-karya yang berkualitas dari waktu ke waktu. Menyadari hal itu, TBSU menyelenggarakan lokakarya seni tari yang diharapkan akan lebih memperluas wawasan dan pengetahuan para seniman tari di daerah ini khususnya bagi mereka yang menjadi peserta lokakarya.

0 comments: