Minggu, 09 November 2008

Cerpen pujangga

“Jangan Nodai Ngatiyem… !!!”

Oleh Mhd Darwinsyah Purba

kata-kata itulah yang pertama diteriakkan teman Ngatiyem kepada lelaki yang hendak menodai Ngatiyem. Saat itu, Ngatiyem baru saja pulang dari mengajar senam di sebuah sanggar senam di Medan. Dia seorang yang cantik lagi seksi. Saat itu Hari Rabu menjelang malam, seusai mengajar senam, seperti biasa Ngatiyem ngafe dulu di daerah jalan Jenderal Sudirman Medan, ya… alias WS-Warkop Sudirman. Sambil lirik sana-lirik sini dia memainkan mata liarnya ke arah pengunjung.

Saat itu, dia melihat sesosok lelaki dengan Kumis Jambrong memandang tajam padanya. Seakan menantang, Ngatiyem tatap terus mata lelaki Kumis Jambrong tersebut. Teman Ngatiyem yang duduk disebelahnya berulang kali mengasih isyarat kepada Ngatiyem agar tidak meladeni tatapan mata lelaki Jambrong tersebut. Maklum, lelaki tersebut dikenal sebagai penguasa kawasan Jalan Sudirman Medan alias preman setempat yang paling ditakuti oleh para pemuda di daerah tersebut.

Tapi Ngatiyem cuek saja dengan nasehat temannya itu. Dia malah mengacungkan jari tengahnya ke arah lelaki Jambrong yang sesekali mengepulkan rokok Djie Sam Soe-nya ke arah Ngatiyem. Agaknya lelaki tersebut penasaran dengan tingkah pola Ngatiyem yang dinilainya mencari gara-gara kagak tau dia siapa aku di sini.

“Maksudnya apa wanita ini, Belum tahu aku ya?”, lelaki Jambrong itu berguman dalam hati,

“mau aku kerjai ya”, gerutuh lelaki itu lagi sambil mengigit bibir hitamnya dengan tangan kanan memukul-mukul tangan kiri seperti seroang bisballman ingin melempar bola ke lawan .

Ia kehilangan kesabaran dengan tingkah Ngatiyem, lelaki Jambrong itupun mendekati Ngatiyem.

“BRUAAK!!”, “apa lihat-lihat!!!”, sambil menggebrak meja dan kaki di kanan di atas meja.

“Maaf mas, dia anak baru di sini”, jawab teman Ngatiyem

“Baru ya baru, tapi tahu etika dong!!!”, nggak tau ya.. siapa aku di sini?? lelaki Jambrong itu kesal sambil mengelus-elus kumis yang agak sedikit mirip kucing kowok

“Iya mas maaf”, jawab teman Ngatiyem agak terbata-bata serta di hantui rasa takut, sosok lelaki jambrong tersebut selain berwajah kriminal ia juga menyeramkan hampir mirip bandit-bandit di dalam film si Unyil yang pernah ditayangkan di stasiun TVRI.

“Suruh minta maaf temanmu ke aku kalo mau selamat”, pinta lelaki Jambrong itu tambah kesal dengan menunjuk tepat wajah Ngatiyem nan elok rupawan.

Teman Ngatiyem segera menyuruh Ngatiyem untuk meminta maaf ke lelaki Jambrong tersebut.

“Kok diam terus dari tadi, ayo ngomong atau mau aku tampar”, geram lelaki Jambrong yang darah militernya mulai mendidih karna merasa perkataannya dari tadi tidak dihiraukan oleh si Ngatiyem.

“Maaf mas, teman saya bisu tuli”, teman Ngatiyem menjelaskan masih dengan nada cemas bercampur ketakutan yang tiada terkira bayangkan saja seorang perempuan di bentak oleh manusia jambrong yang sangat menyeramkan itu.

“Pantas bisu tuli, tidak bisa dinasehati!”, lelaki Jambrong itu mengejek dengan meludah kearah samping bawah.

Tiba-tiba, Ngatiyem menampar wajah lelaki Jambrong itu, sepertinya Ngatiyem tahu apa yang dikatakan lelaki tersebut. Merasa akan terjadi suatu keributan, teman Ngatiyem segera membawa Ngatiyem pergi dari situ. Tapi sayang, ketika mereka melewati gang sempit, mereka langsung disergap oleh lelaki Jambrong dan kawan-kawannya. Karma melihat kemolekan tubuh Ngatiyem dan kecantikan parasnya, lelaki Jambrong itu segera membawa Ngatiyem dan temannya di sebuah kamar kosong. Disitu Lelaki Jambrong itu hendak mengerjai Ngatiyem dengan cara memperkosanya.

“Aduh mas tolong jangan perkosa Ngatiyem”, teriak teman Ngatiyem berkali-kali dengan memohon berkali-kali namun sayang seribu sayang walau sudah berusaha sekuat tenaga ia tidak dapat berbuat banyak.

“Peduli Apa kamu”, sahut lelaki Jambrong dengan nafsunya yang semakin menggila

“TOLONG MAS BAHAYA!!!”, semakin keras suara teman Ngatiyem mengutarakan kata-kata tersebut meski sudah berkali-berkali.

“Diam kamu”, bentak lelaki Jambrong itu terus mengganyangi tubuh Ngatiyem seperti seekor singa jantan yang sedang menyantap buruannya dengan lahap dan rakus.

Lelaki Jambrong itu segera menyuruh temannya agar membekap mulut teman Ngatiyem. Dengan begitu lelaki Jambrong itu bebas menggagahi Ngatiyem. Seminggu setelah kejadian itu, setiap kali Ngatiyem dan teman Ngatiyem pergi ke Kafe di daerah Medan yang biasa dikunjungi oleh kaum remaja tersebut, lelaki Jambrong tersebut tidak kelihatan. Temen Ngatiyem yang penasaran segera ia bertanya pada tukang parkir.

“Maaf mas, kemana bang Jambrong yang biasa mangkal”, celetuk teman Ngatiyem

“Masuk rumah sakit mbak”, jawab tukang parkir

“Sakit apa? Mas?! Kalo kami boleh tau…”, pura-pura sedikit empati dan iba mendengar prihal si Jambrong masuk Rumah Sakit

“Aduh neng mas kurang faham istilah kedokteran”, sambil menggaruk-garuk kepala yang merontokan beberapa ketombenya.

“A..I..D..S…!!!” mbak!”. Celetuk temen si mas tadi yang lain yang berprofesi sebagai tukang becak mesin istilah kerennya betor (becak bermotor) di kota Medan dan sekitarnya.

“AIDS,….??? Mas, Oh, gitu”, jawab teman Ngatiyem sambil tersenyum manis dengan untuk menutupi kejadian tersebut memang si Ngatiyem adalah penderita AIDS karena pada waktu ia pernah jatuh sakit dia di bawah oleh keluarga di salah satu R.S.U ternama di kota Medan ternyata malangnya penyakitnya sembuh malah virus HIV mengalir di dalam tubuhnya karena keteledoran sang dokter menyuntik Ngatiyem dengan jarum bekas penderita AIDS begitu alkisahnya namun Ngatiyem tetap bersemangat menjalani penderitaan dengan sabar dan tabah. temen Ngatiyem jadi teringat puisi Jalaluddin Rumi yang berjudul -NAFSU- begini bunyi puisi tersebut:

Nafsumu itu ibu segala berhala
Berhala kebedaan ular sawa
Berhala keruhanian naga
Itu ibarat perumpamaannya

Mudah sekali memecah berhala
Kalau diketuk hancurlah ia
Walau batu walaupun bata
Walau ular walaupun naga

Tapi bukan mudah mengalahkan nafsu
Jika hendak tahu bentuk nafsu
Bacalah neraka dengan tujuh pintu
Dari nafsu keluar ma’siat setiap waktu

Lalu.........
Teman Ngatiyem segera kembali ke tempat duduk. Mereka berdua pun tertawa sendiri penuh puas. Tapi mengapa mereka bisa merasa puas. Jawabannya karena Ngatiyem adalah penderita AIDS. Dan lelaki Jambrong itu tengah tertular AIDS.


“RASAIN KAU JAMBRONG, sudah aku bilang jangan nodai Ngatiyem, malah kau puas-puasin….PUAAAASS——PUAAAASSS——PUAAAASSS”, Guman Teman Ngatiyem berapi-api.

0 comments: