Selasa, 28 April 2009

Kadisdik Medan: Jangan Resahkan Para Siswa Sebelum Berakhir UN


MEDANtodayKepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Medan Drs Hasan Basri MM, meminta kepada semua pihak agar tidak memberikan keresahan, tapi harus dapat memberikan kesejukan pada para siswa-siswi peserta Ujian Nasioanal (UN) Tahun Ajaran (TA) 2008/2009 ini.

"Kita minta kepada semua pihak agar dapat memberikan kesejukah kepada para siswa-siswi peserta UN TA) 2008/2009 ini, buka menabur statemen yang akhirnya membuat mereka menjadi stres," ujar Hasan Basri kepada wartawan, baru-baru ini seusai meninjau UN Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kalaupun ada satu dua anak yang terpaksa membawa kopekan, jangan lantas dibesar-besarkan, seakan-akan sudah buruk, untuk itu diminta kepada semua pihak untuk bisa menahan diri agar tidak memberikan statemen, imbuhnya.

"Artinya semua pihak diminta untuk membangun kesejukan, mendorong agar mereka bisa lebih semangat, bisa berpikir tenang tidak nerpes, dan tidak membuat mereka stres, kita juga ikut memantau jalannya UN ini,dan sepanjang yang saya jalani tidak ditemukan hal yang aneh-eneh, semua berjalan aman dan terkendali," ujarnya.

Kalaupun ada kasus seperti menurutnya Kadisdik, bukan faktor kebocoran, sebab peristiwa tersebut terjadi didalam ruang kelas dalam, bentuk kopekan. Sebab sampai saat ini belum ada dibuktikan, jawaban soal ujian tertangkap tangan, paling juga dalam bentuk kopekan, sebab yang namanya bocor ada beberapa kategori seperti naskah ujian terlepas atas terbuka sebelum waktu ujian.

Demikian juga dengan kunci jawaban, ketika dicocoknya dengan kunci jawaban dengan yang ada di pusat bentuknya sama, ini baru namanya bocor, sebab kunci jabawan UN ini hanya ada ditingkat nasional, sehingga tidak mungkin bisa sampai tangan siswa .

"Karenanya sebelum berakhirnya UN TA 2008/2009 ini secara keseluruhan, diminta kepada semua pihak itu tidak melakukan hal-hal yang dapat meresahkan para siswa, sebab UN ini tidak saja ditingkat SMA, tapi juga ada ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di tingkat Sekolah Dasar (SD), imbuh Hasan.

0 comments: